Buka Hari Donor Darah Sedunia, Bupati Harapkan UTD Bisa Memenuhi Kebutuhan Darah di Lotim.


LOMBOK TIMUR, Suara Selaparang-- Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) H.M.Sukiman azmy, membuka Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Tahun 2021, tingkat Kabupaten Lombok Timur, yang dihadiri OPD terkait, Karyawan Rumah Sakit dan Relawan Kemanusiaan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) serta Undangan lainnya. Acara dipusatkan di Ruang Tunggu RSUD.dr.R.Soedjono Selong,Ahad (13/06/2021).


 Bupati Lombok Timur(Lotim), H.M.Sukiman Azmy, MM,  dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya sarana prasarana pendukung seperti Unit Transfusi Darah(UTD) dalam rangka memenuhi kebutuhan darah masyarakat di Kabupaten Lombok Timur.


Dalam kesempatan itu, ia menghimbau pihak RSUD dr.R.Soejono Selong untuk membangun sinergi dan kerjasama dengan semua pihak dan OPD terkait. Seperti pihak kecamatan guna mengoptimalisasi kebutuhan darah,terlebih Lombok Timur memiliki RSU Pratama..


“Kita berharap, dalam pemenuhan darah ini bisa dikelola secara mandiri dan diberikan atensi secara serius, agar persediaan darah pada Unit Transfusi Darah(UTD) selalu tersedia setiap saat, Apalagi dalam waktu dekat akan ada rumah sakit Pratama yang akan didirikan diberbagai titik. Diantaranya, RS Patuh Karya di Keruak, Rumah Sakit di Aikmel, dan RS Masbagik,” ucap Sukiman.


Sementara itu, Direktur RSUD dr.R.Soedjono Selong, dr.Tantowi Jauhari, Sp.b, dalam sambutannya mengatakan, kemampuan UTD (Unit Transfusi Darah) RSUD dr.R.Soejono saat ini, hanya mampu mentranspusi darah 20 kantong perhari, karena keterbatasan ruangan, sebab ruang UTD sedang di renovasi.sehingga hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan internal RSUD Selong.


“Kita berharap, kedepan setelah sarana prasarana pendukung telah rampung di renovasi, UTD bukan hanya menyuplai kebutuhan internal Rumah Sakit. Namun juga, bisa menyuplai kebutuhan darah Rumah  Sakit lainnya maupun pemenuhan kebutuhan darah Palang Merah Indonesia(PMI),” tutupnya.


Acara Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2021 tingkat Kabupaten Lombok Timur, juga dirangkaikan dengan kegiatan pemeriksaan golongan darah dan HB gratis dan Donor Darah missal pada hari Ahad 13 Juni 2021. Sedangkan untuk hari Senin 14 Juni 2021 dilakukan kegiatan Webbinar dengan Tema Peran Terapi Plasma Konvalsen Dalam Tata Laksana Covid-19 Ber SKP IDI,IBI,PPNI Patelki.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor