Dinas Damkarmat Bekerja Sama Dengan Desa Aik Dewa Adakan Pelatihan dan Pembinaan TSBD.

Lombok Timur | Suara Selaparang - Dalam rangka peningkatan kualitas pengamanan yang ada di Desa Aik Dewa, Kecamatan Pringgasela. Pemerintah Desa Aik Dewa bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lombok Timur, mengadakan kegiatan pelatihan dan pembinaan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD). Kegiatan berlangsung di aula Desa Aik Dewa, pada Rabu (23/06/2021).

Kepala Desa Aik Dewa, Mahmud, dalam sambutannya menjelaskan ada 23 anggota Badan Keamanan Desa (BKD) yg ada merupakan sukarelawan dikarenakan tidak ada insentif yg dianggarkan. Namun ditambahkannya dengan kegiatan seperti ini diharapkan adanya peningkatan kualitas pengamanan yang dimiliki BKD Desa Aik Dewa. 

"Kami bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lotim sudah lama merencanakan kegiatan ini, tujuan kami adalah dalam rangka peningkatan kualitas pengamanan dari semua anggota BKD," jelas Mahmud.

Sambungnya, dengan moment ini Pemerintah Desa juga berharap agar moment seperti ini semua anggota yg di latih bisa meningkatkan jiwa sosial dan tanpa pamrih dalam bekerja.

Kepala Bidang Pencegahan Athar, S.Ap., yg hadir dalam kegiatan tersebut memaparkan bahwa, regulasinya sudah jelas yaitu Peraturan Daerah (Perda) No.56 Tahun 2012. Bahwa Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan secara signfikan akan mengadakan inovasi.

"Paling tidak dari Desa bisa bersinergi dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam rangka menanggulangi kebakaran dan penyelamatan lainnya," ucap Athar.

Disambungnya, dalam Dinas Damkarmat ini tidak hanya menanggulangi kebakaran tetapi juga penyelamatan, semisal penyelamatan hewan liar, serta penyelamatan lainnya. Dirinya berharap minimal di setiap Desa bisa mengadopsi anggarannya, dalam rangka bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam rangka memetakan potensi-potensi kerawanan bencana.

Selanjutnya akan dibentuk inovasi turunan dari pada Damkarmat sehingga sinergitas bisa jalan dan maksimal. 

"Karna motto kami adalah 15 menit harus sampai di TKP, semoga kedepan Desa-desa yg lain juga segera bisa kita berkolaborasi," papar mantan Sekcam Sakra Timur tersebut.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor