Tingkatkan Seni Budaya di Lotim, Dikbud Lotim Gelar GSMS.

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur, melaksanakan  Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) pertama  kali bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Selong, Senin, (28/06/2021).  Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Lotim, Rusman, SPD., MM. 

Ia menjelaskan, agar program GSMS ini bisa sukses diperlukan kekompakan di bidang seni jenis apapun yang harus bersatu padu untuk memajukan seni di Lombok Timur. Pelestarian budaya ini juga  akan bermuara pada kepentingan ekonomi masyarakat, terlebih lagi masa pandemi Covid-19, tentunya dengan memanfaat teknologi utk memasarkan seni dan budaya karya anak bangsa.

Selama ini program dimaksud dikelola oleh pemerintah provinsi dan sebagian besar guru  seni di SD dan SMP  melakukan lobi sendiri untuk mengaksesnya. Melalui program GSMS yang saat ini dikelola Kabupaten terdapat 16 sekolah yang mengikuti ini. Semua kegiatan seni itu tentunya di programkan oleh Dirjen Kebudayaan. 

"Alhamdulillah tahun ini, dari Dikbud Lotim, mengaplikasikan dan mengkoordinirnya supaya terarah dan tercapai maksud dan tujuan yang sebenarnya," kata Rusman.

Program ini jelas dia lagi sudah tertuang dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang  kemajuan  kebudayaan nasional untuk  pelestarian  kesenian budaya Daerah. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan menyasar 16 sekolah yang ada di di kecamatan Lombok Timur dengan pelaksanaan sebanyak 16 kali pertemuan. 

Kegiatan ini juga termasuk bagian dari ekstrakulikuler sekolah yang masuk dalam penilaian sekolah. Sedangkan untuk  honor kegiatan dari para pelatih seni ini langsung diberikan oleh pemerintah pusat. Program ini diharapkan dapat berjalan sukses sebagai salah satu tindakan preventif untuk mengisi kekosongan waktu anak-anak, sehingga tidak terjerumus kedalam pergaulan yang negatif.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor