Bupati Hadiri dan Buka Rakerda IPHI.

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) telah berkiprah selama 30 tahun melaksanakan visi-misi, tugas dan fungsi sebagai organisasi yang independen dan berbadan hukum sesuai AD/ART. Menyusun program kerja sesuai tupoksi serta menyesuaikan dengan kondisi daerah kabupaten Lombok Timur, IPHI Kabupaten Lombok Tiimur menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) IPHI pada Rabu (7/7) di aula Kementrian Agama Kab. Lombok Timur.

Bupati H. M. Sukiman Azmy yang hadir berkesempatan menyampaikan sambutan dalam acara tersebut. Bupati mengajak IPHI untuk lebih memantapkan organisasi. 

"Ketika melaksanakan Rakerda, mari terlebih dahulu kita memantapkan organisasi," sarannya. 

Bupati Sukiman melihat keberadaan IPHI masih terbatas sampai di tingkat kecamatan, padahal menurutnya, potensi terbesar justru ada di desa. Karena itu ia mengimbau agar IPHI juga dibentuk di tingkat desa sehingga sosialisai tentang program kerja IPHI bisa  lebih luas.

Bupati juga menekankan untuk memantapkan program kerja, konsolidasi dan memantapkan koordinasi. Dengan begitu harapan organisasi melalui program kerja bisa diwujudkan. Bupati berjanji akan mendukung dan membantu fasilitasi kebutuhan pengembangan organisasi ini.

IPHI juga diminta berperan membantu pemerintah menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, mengingat masih merebaknya Covid-19.

Ketua IPHI Kabupaten Lombok Timur H. Azharuddin menyampaikan IPHI Lotim berencana mencari sumber anggaran melalui usaha perdagangan, pertanian dan peternakan, sehingga tidak selalu bergantung pada Pemerintah. Sayangnya rencana tersebut masih menemui kendala, termasuk kondisi pandemi saat ini yang berdampak luas.

IPHI, ke depan juga berencana  menyelenggarakan pendidikan bagi calon jemaah haji. Harapannya, jemaah yang akan diberangkatkan bisa melaksanakan ibadah haji secara mandiri. IPHI juga berkeinginan membentuk lembaga formal seperti, diniyyah atau lembaga ibtidaiyah, mengingat kualifikasi pendidikan dari setiap pengurus IPHI memiliki jenjang pendidikan tingkat S2 hingga Doktor.

Kanwil Kemenag NTB, Kabid Haji Kantor Wilayah Kemenag Lotim, juga tampak hadir pada pembukaan Rakerda IPHI Lombok Timur itu.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor