Progres Program Lotim.net Masih Belum Menjangkau Semua Desa, Masfu: Ini Bisa Terwujud Asal Semua OPD Ikut Andil.

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id -  Program Lotim.net yang di nahkodai oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lombok Timur, hingga saat ini belum mencapai target. Dimana, dari 1.800 lebih dusun yang ada di Lotim, 1.500 diantaranya belum terpasangkan.

Dengan anggaran sebesar 4,3 Miliar, pihak Diskominfo Lotim hanya bisa membangun 28 tower backbone dan memasang 508 titik acces point, yang sebarannya di 254 Kantor Desa dan Satu Dusun di masing-masing Desa tersebut.

"Hanya itu yang bisa kita anggarkan di tahun 2020 kemarin," terang Kepala Dinas Kominfo Lotim. Selasa, (13/7). 

Program Lotim.net tersebut bisa terwujud kata dia, asalkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait, khususnya yang mempunyai jalur birokrasi dimasyarakat, seperti di Dikbud, Dikes, BP3AKB, Dinas Pertanian, dan DPMD ikut andil dalam program tersebut. 

Dengan begitu, hajat untuk bisa meminimalkan wilayah yang blank spot bisa teratasi. 

"Intinya, barang ini harus kita keroyok. Kalau hanya mengandalkan Kominfo saja, membutuhkan waktu lama, mungkin butuh waktu 4-5 tahun kedepan. Itupun kalau tersedia anggarannya," sebutnya.

Dari 254 desa tersebut, masih ada yang belum maksimal karena terkendala sinyal. Kata dia, Hal tersebut tidak bisa dipungkiri, karena tergantung dari topografi Desa sendiri.

"Wilayah yang belum optimal dan terakses sinyalnya, itu yang akan kita dilakukan nanti ditahap pengembangan tahap berikutnya," katanya. 

Untuk mekanisme kerja dari acces point sambung Masfu, jangkuannya pun sangat terbatas. Dimana, jika keadaan suatu wilayah atau Desa normal, jangkuan jaringannya hanya sampai 100 meter keliling, sedangkan tidak normal, jangkuan jaringannya maksimal 50 meter keliling. 

"Antara 10-12 rumah sekitar titik acces point," tutupnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor