Gubernur NTB, Dorong Percepat Pembentukan Unit Bidang Damkar di BPBD Provinsi.

Gubernur NTB, Dorong Percepat Pembentukan Unit Bidang Damkar di BPBD Provinsi.

Mataram | suaraselaparang.co.id - Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah menerima silaturahim Forum Damkar se-Lombok, yang menyampaikan keluh kesah terkait belum terbentuknya induk Pemadam Kebakaran (Damkar) di Pemerintah Provinsi NTB.

"Kita di unit Damkar ini, belum memiliki garis koordinasi dengan Pemerintah  Provinsi," kata Nanang Edward, Forum Damkar se-Lombok, didepan Doktor Zul, Selasa (26/10/2021) di Ruang Kerja Pendopo Gubernur.

Sehingga unit Damkar masih banyak mengalami kendala dilapangan akibat kekurangan APD maupun operional.

Gubernur Bang Zul yang memiliki banyak hubungan baik dengan Pemerintah Pusat, langsung menghubungi Dirjen BNPB RI, melalui via telpon Selularnya.

"Sesuai petunjuk Dirjen, untuk unit Damkar sesuai aturan berada dibawah BPBD," jelas mantan anggota DPR RI yang pernah 3 periode menjabat ini.

Untuk itu, Damkar nanti akan dikomandai oleh satu bidang di BPBD Provinsi NTB. Ia meminta Kalak BPBD untuk segera membantu dan mempercepat terbentuknya bidang Damkar.

Kepala Pemadam Kebakaran Kota Mataram Nanang Edward yang sekaligus ketua Forum, menyambut baik dan apresiasi atas respon Gubernur NTB.

"Ibaratnya kami yang belum ada ayah kandung, akan memiliki garis koordinasi dengan provinsi," ucapnya didampingi sejumlah kapala Damkar se-Lombok.

Bahkan Sesuai Permendagri tentang bencana dan Kebakaran, ada pada BPBD Provinsi. 

"Harapan kita kebutuhan APD, Resqiu, dan alat lainnya semakin memberi peluang," tutupnya.

Ia juga berharap tenaga Damkar diberikan diklat khusus. Untuk memperoleh kompetensi sertifikat Pemadam. 

Hadir mendampingi Gubernur, Asisten 2 Setda Provinsi NTB, Kadis ESDM, Kados Sosial dan Kadis LHK Provinsi NTB.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor