Data Tidak Terdaftar, Ratusan Ribu Masyarakat Pemilik Kartu BPJS di Lotim Non Aktif.

Data Tidak Terdaftar, Ratusan Ribu Masyarakat Pemilik Kartu BPJS di Lotim Non Aktif.

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id - Sebanyak 108.419 masyarakat miskin penerima Kartu Indonesia Sehat (Kis) atau BPJS Kesehatan yang sumber dananya dari APBN di Lombok Timur mengalami non aktif sejak September lalu.

Kasi Limjamsos Dinsos Lotim Jumadil, hal tersebut dikarenakan data masyarakat tidak terdata di id semesta ,yang dulunya dikenal dengan id DTKS.  Mengingat berdasarkan SK 92, tanggal 15 September 2021 para peserta harus memenuhi syrata ID DTKS atau ID semesta.

"Karena sumber dananya dari APBN ada syarat mutlak yang disebut ID semesta karena BPJS Yang tidak aktif ini dananya bersumber dari APBN," bebernya saat di temui di kantornya, (09/11).

Saat ini pihaknya tengeh mengejakan data para peserta yang tidak aktif kartunya tersebut untuk dilaporkan kepada kementerian kesehatan. 

Adapun kementerian memberikan dedline waktu hingga tanggal 11 November untuk melporkan peserta yang non aktif tersebut, jika lebih dari waktu tersebut konsekuensinya kartu para peserta akan dikenakan Non aktif kembali.

"Kami harap masyarakat segera melakukan pengecekan kartunya, karena kita diberikan waktu dua bulan untuk menguji kelayakan kartunya," katanya.

Kata dia, jika ada masyarakat yang kartu BPJSnya tidak aktif, yang bersangkutan atau keluarga bisa datang langsung ke Dinsos Lotim, dengan menunjukkan kartu KIS BPJS.

"Nanti di cek, penonaktifan SK nomor berapa, setelah itu nanti dicek nomor Kartu Keluarganya (KK) apakah KK itu sudah masuk di SIG," tutupnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor