Malaysia Belum Buka Akses Negaranya Untuk PMI, H. Supardi: Alasannya Kami Belum Tahu.

Malaysia Belum Buka Akses Negaranya Untuk PMI, H. Supardi: Alasannya Kami Belum Tahu.
H. Supardi

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id - Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan tujuan Malaysia sampai saat ini belum juga dibuka aksesnya menuju Negara tersebut.

Seperti halnya yang disampaikn Kepala Dinas Ketenaga kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim H. Supardi menyampaikan, pihaknya belum mengetahui secara pasti apa penyebab Negara tersebut (Malaysia, red) belum membuka akses masuk ke Negaranya untuk PMI asal Indonesia.

"Alasan Malaysia belum buka kita tidak bisa menduga-duga, yang jelas sejak terjadinya Covid-19 Malaysia belum buka sampai sekarang," beber Supardi saat ditemui di Selong, (22/11). 

Lebih lanjut kata dia, negara yang sudah membuka akases negaranya untuk PMI saat ini sudah 58 negara, akan tetapi negara-negara tersebut bukan negara yang menjadi mayoritas tujuan PMI hususnya PMI Asal Lotim.

Negara-negara yang buka  tersebut juga merupakan negara-negara yang membutuhkan skil khusus, sehingga jarang PMI  yang mengunjunginya.

"Negara-negara ini membutuhkan sekil khusus, seperti Polandia, tapi Polandia ini sudah ada yang daptar namun belum bisa berangkat Krena terkendala visa," katanya.

Lanjut Supardi, untuk pemulangan PMI sendiri tetap berlangsung. Tercatat sampai saat ini sebanyak 8.000 PMI asal Lotim, sudah dipulangkan baik yang habis kontraknya maupun yang non-prosedural.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor