Program Pantai Selatan, Gebrakan PDAM Lotim Atasi Kekeringan Daerah Selatan.

Program Pantai Selatan, Gebrakan PDAM Lotim Atasi Kekeringan Daerah Selatan.

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id - Persoalan Air memang masih menjadi PR bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur, khusunya PDAM terlebih pada daerah wilayah selatan Lombok Timur. Dimana daerah tersebut sudah menjadi langganan kekeringan pada setiap tahunnya.

Guna mengatasi permsalahan kekeringan tersebut utamanya pada wilayah selatan Lotim. PDAM Lotim pada tahun 2022 mendatang berencana membuat program pantai selatan. Program tersebut akan menggunakan empat sumber mata air yang kemudian akan dikumpulkan disatu titik yaknu di kota raja kecamatan sikur, dengan kapasitas 150 Liter.

"Itu akan kita alirkan ke bagian selatan khusus di Lima Kecamatan, seperti Sakra, Sakra Barat, Sakra Timur, Keruak dan Kecamatan Jerowaru," terang Dirut PDAM Lotim, Mudhan saat ditemui di ruangannya, Selasa (16/11). 

Tuturnya, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan data masyarakat. Adapun kapasitas air yang 150 Liter perdetik tersebut akan menyasar atau dimanfaatkan oleh 15 ribu Sambungan Rumah (SR). Pada program pantai selatan tersebut akan menyasar semua daerah yang ada di wilayah selatan yang kerap menjadi langganan kekeringan. seperti Ekas dan Batu nampar. 

"Itu semua bisa habis sampai batunamapar sampai Ekas. Sehingga kita membutuhkan dua reservoar untuk di selatan ini, pertama kita tempatkan di daerah Sukaraje dan satunya lagi kita taruh di Ekas untuk bisa mengkaper semuanya," imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk bisa mengairi daerah selatan tidak bisa hanya m ngadalkan sumber mata air saja, namun juga akan menggunakan air baku yang akan di olah.

"Kita akan buat pengolahan di Kota Raja, kita akan ambil air dari empat pengambilan kemudian kita satukan ditempat pengolahan untuk diolah kemudian kita salurkan ke daerah selatan, dengan kapasitas 150 liter perdetik," katanya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor