Terima Bimtek Pencegahan Kebakaran Dari Dinas Damkarmat, Warga Suryawangi Antusias.

Terima Bimtek Pencegahan Kebakaran Dari Dinas Damkarmat, Warga Suryawangi Antusias.

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id - Setelah melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) di beberapa Desa, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Lombok Timur kali ini melakukan Bimtek untuk pertama kali di Kecamatan Labuhan haji tepatnya di Kelurahan Suryawangi. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Lurah Suryawangi, Senin (15/11/2021).

Bimtek tersebut tentunya sangat dibutukan oleh setiap warga masyarakat khususnya, dalam rangka untuk bagaimana langkah pertama dalam mencegah kebakaran di lingkungannya. Sehingga diharapkan setiap masyarakat bisa memahami apa saja yang harus dilakukan dalam mengantisipasi ketika adanya kebakaran.

Namun tidak hanya bimbingan teknis saja, masyarakat juga langsung diajarkan bagaimana mempraktikannya dilapangan, salah satunya bagaiman cara memadamkan api ketika menemukannya pada kebocoran gas LPG.

Kepala Bidang Pencegahan pada Dinas Damkarmat Lombok Timur, Athar mengatakan, Kegiatan Bimtek ini adalah hal yang sangat positif sekali dilakukan untuk bagaimana cara memadamkan api dan materi lain yg diberikan yakni Resjantung penanganan jantung, sehingga dengan adanya Pelatihan bimtek ini maka masyarakat yang ada di kelurahan suryawangi memahami step by stepnya. 

"Untuk di Kecamatan Labuhan haji ini pertama kalinya kita lakukan, dan kita laksanakan di Kelurahan Suryawangi," papar Athar Kabid Pemcegahan Damkarmat.

Lanjut Athar, Sejak terpisahnya Damkarmat dengan BPBD pihaknya sudah meberikan Bimbingan lebih dari 20 Desa yang ada di Lombok Timur ini . 

"Sudah 20 Desa kira berikan Bimbingan Teknis serta pelatihan lainnya, sehingga kami berharap masyarakat bisa paham step by stepnya," imbuhnya.

Sementara itu dirinya menyebutkan, kesulitan dalam melakukan kegiatan yaitu dari segi anggaran, namun dari masalah anggaran tersebut ia mampu mengondisikannya dengan stakholder terkait.

"Walaupun dari segi anggaran kita kesulitan namun kita mampu mengondisikan dengan stakkholder yang ada," sambungnya.

Disisi lain, Lurah Suryawangi Hasmayadi menyampaikan, dengan adanya pelaksanaan Bimtek yang dilakukan oleh Damkarmat Lombok Timur ini ia sangat mengapresiasi yang setinggi-tingginya.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan bimtek yang di laksanakan ini," katanya.

Dalam mengadakan kegiatan ini, beberapa malam yang lalu ia pernah mengadakan pertemuan dan meminta untuk mengadakan kegiatan Bimtek tersebut. Tetapi sekali lagi ia memohon maaf karena merasa kebingungan untuk penganggaranya. 

"Untuk kegiatan ini ada salah seorang donatur dari warga setempat yaitu Kepala Pustu yang ada di Suryawangi yang bersedia sedikit mensyuport dana untuk kegiatan bimtek ini," terang Hasmayadi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor