Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lotim Luncurkan Program PEPADU

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lotim Luncurkan Program PEPADU
drh. Hultatang

Lombok Timur | suaraselaparang.co.id - Awal tahun 2022, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur melaunching program Pengembangan Peternakan Terpadu (PEPADU), dimana esensi kegiatan tersebut adalah membangun suatu sistem yang mengintegrasikan antara Desa dengan Dinas dan DPRD. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Veterinar, drh. Hultatang. 

"Program ini yang terpenting adalah, bagaimana memadukan antara Desa, Dinas dan DPRD," jelasnya, Rabu (26/01/2022). 

Lanjut Hultatang, Kendati program Pepadu tidak memiliki pagu anggaran yang besar, kegiatan tersebut dirasa sangat tepat dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur terutama melalui Desa-Desa, terlebih pengalokasian dana Desa sebesar 20% diperuntukkan untuk penguatan sandang pangan hewani. 

"Jadi tahun 2022, kegiatan ini sangat pas diterapkan di Desa, terlebih pengalokasian dana Desa 20% untuk penguatan pangan," ujarnya.

Masih kata Hultatang, program tersebut nantinya menawarkan beberapa item kegiatan diantaranya Kartu Peternak, satu data layanan, Posyanter, pengolahan pemasaran dan agrowisata ternak, yang dimulai dari Desa Sapit Kecamatan Suela. Yang diharapkan mampu menjaring potensi ternak yang ada di setiap Desa, secara berkelanjutan. 

"Jadi tantangan program di Desa adalah bagaimana memastikan kegiatan bisa berkelanjutan," paparnya.

Lebih lanjut pria yang berlatar pendidikan Kesehatan hewan tersebut menghimbau agar Desa mengeluarkan regulasi tentang Peternakan, serta mengangarkan kegiatan ternak melalui Dana Desa, dengan begitu roda ekonomi di Desa dapat bergerak. 

"Peternakan sangat berpotensi sebagai roda penggerak perekonomian di Desa," tutup Hultatang.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor