Pemda Lotim, Maksimalkan Penuntasan Bantuan Sosial

Pemda Lotim, Maksimalkan Penuntasan Bantuan Sosial
H. M. Sukiman Azmy

Lombok Timur - Bupati kabupaten Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi VIII H. Nanang Samodra KA., terkait penuntasan transaksi pemanfaatan bantuan sosial, Ahad (13/2) di kantor camat Selong.

Bupati, pada kesempatan tersebut menyampaikan 532 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan sebesar Rp. 1,4 juta. 

Mengingat batas pencairan sampai tanggal 15 Februari, Bupati meminta Dinas Sosial dan jajarannya, serta para pendamping PKH bekerja maksimal sehingga seluruh KPM dapat menyelesaikan transaksinya.

Ia mengingatkan jika transaksi tidak dapat dituntaskan maka akan menjadi kesalahan semua pihak, mulai dari SDM PKH, Dinas Sosial, hingga bank penyalur.

Bupati juga memaparkan jumlah penerima bantuan PPKM dan sembako reguler di Lombok Timur 140.279 KPM. Dari jumlah tersebut bantuan telah terdistribusi kepada 130.330 KPM.

Ia merinci 2 ribu lebih mengalami kendala, di mana 1.453 diantaranya karena menerima bantuan ganda atau lebih dari satu sumber kegiatan sedangkan lainnya karena mengundurkan diri.

Sementara, Nanang Samodra menegaskan pentingnya menuntaskan pencairan bantuan yang sedianya sudah harus rampung Desember tahun 2021 tersebut.

Sebab Pemerintah bersama DPR akhirnya bersepakat agar seluruh KPM yang merupakan target bantuan sosial pemerintah ini dapat melakukan pencairan dana bantuan sosial yang menjadi haknya, meskipun tahun anggaran telah berakhir.

Karena itu dengan tegas ia meminta bank penyalur dan seluruh pihak terkait lebih serius menuntaskan pencairan tersebut.

Pada kegiatan yang dihadiri pula perwakilan Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial Provinsi NTB, SDM PKH, serta BRI Selong tersebut dilakukan pula penyerahan buku tabungan dan KKS secara simbolis kepada keluarga penerima manfaat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor