Laporan Keberlanjutan PT. Selaparang Finansial

Laporan Keberlanjutan PT. Selaparang Finansial

Laporan Keberlanjutan                   

PT. Selaparang Finansial

A.      Strategi Keberlanjutan

Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51/POJK.03/2017 tentang penerapan keuangan berkelanjutan bagi lembaga jasa keuangan, emiten, dan perusahaan publik bahwa Laporan Keberlanjutan adalah laporan yang diumumkan kepada masyarakat yang memuat kinerja ekonomi, keuangan, sosial, dan lingkungan hidup suatu LJK, Emiten, perusahaan publik dalam menjalankan bisnis berkelanjutan. Menyadari pentingnya membangun keselarasan antara kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan hidup, maka PT. Selaparang Finansial mendukung implementasi Keuangan Berkelanjutan yang sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

PT. Selaparang Finansial yang kepemilikan saham mayoritasnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, senantiasa mendukung program kerja Pemerintah. Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan pada PT. Selaparang Finansial merupakan komitmen untuk menjaga keberlanjutan perusahaan sebagai tanggung jawab terhadap pemegang saham, karyawan, nasabah/perusahaan pasangan usaha dan lingkungan. Perusahaan juga memunyai peranan yang cukup penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan turut berkontribusi pada Pemerintah Daerah Lombok Timur baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Dalam menjalankan perannya Perusahaan telah menyalurkan bantuan dengan memberikan pinjaman modal kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan masyarakat yang melakukan kegiatan ekonomi dan sosial, termasuk kegiatan-kegiatan usaha yang berwawasan sosial, pendidikan, keagamaan, dan kegiatan yang bertujuan dalam uapaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Visi dan Misi

a.     Visi Keuangan Berkelanjutan 

Menjadi lembaga pembiayaan terdepan dan terpercaya dengan memperhatikan keselarasan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan hidup

b.     Misi Keuangan Berkelanjutan

Melakukan kegiatan usaha keberlanjutan yang dapat menghasilkan pertumbuhan yang berkesinambungan dan terintegrasi  

Tujuan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan

Menentukan arah yang akan dituju oleh perusahaan yaitu menjadi perusahaan yang terdepan dan terpercaya pilihan mitra usaha yang mampu menjaga keseimbangan antara keuntungan dan pembangunan daerah di Kabupaten Lombok Timur dalam berbagai aspek seperti ekonomi, sosial dan lingkungan.

PT. Selaparang Finansial berkomitmen dalam pelaksanaan kegiatan operasional senantiasa ramah terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Perusahaan juga terus berusaha melakukan penyempurnaan terhadap implementasi keuangan berkelanjutan karena dirasa sangat penting dalam menciptakan keberlangsungan perusahaan yang berkelanjutan bagi kemajuan/perkembangan usaha sehingga dapat memenuhi harapan pemangku kepentingan dan perkembangan ekonomi masyarakat dan debitur. 

Pelaksanaan Program Keuangan Berkelanjutan 2021

PT. Selaparang Finansial telah menyusun dan menerapkan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan Tahun 2021. Sebagian besar program yang kami rencanakan dapat terlaksana, tetapi beberapa program yang telah direncanakan tidak dapat dilaksanakan sesuai harapan karena terdapat berbagai kendala seperti masih meningkatnya kasus Covid 19.

Adapun program yang dapat dilaksanakan antara lain :

  1. Monitoring dan evaluasi jenis pembiayaan pada sektor industri yang memiliki potensi yang dapat mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan seperti pemberian pembiayaan kepada Perusahaan yang bergerak di bidang pertanian/perkebunan dan kelautan serta produk pembiayaan UMKM.
  2. Penyelenggaraan kegiatan literasi dan inklusi keuangan.
  3. Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi tentang produk PT. Selaparang Finansial kepada pengusaha UMKM dan para pelaku ekonomi di Lombok Timur.
  4. Memberikan bantuan sosial di sektor ekonomi, sosial, lingkungan dan pembangunan sarana dan prasarana ibadah melalui dana CSR PT. Selaparang Finansial
  5. Peningkatan kapabilitas sumber daya manusia dengan melakukan berbagai kegiatan pelatihan demi meningkatkan kemampuan karyawan untuk mendukung terwujudnya keuangan berkelanjutan.

Pengelolaan Lingkungan dalam Operasional Perusahaan antara lain :

  1. Mendorong karyawan dengan gaya hidup ramah lingkungan seperti penghematan terhadap konsumsi listrik dengan mengurangi pemakaian AC secara bertahap, penggunaan kertas, mengurangi minum dengan air dalam kemasan plastik ataupun piring plastik sekali pakai.

A.    Ikhtisar Aspek Keberlanjutan

Aspek Ekonomi

1. Perkembangan Laba dan Aset PT. Selaparang Finansial 


Perkembangan aset pada tahun 2020 sebesar Rp 98.900.816.386,- meningkat di tahun 2021 sebesar Rp 99.598.500.615,-

Sementara untuk Laba Bersih perusahaan juga mengalami perkembangan yang cukup baik di tahun 2021 sebesar Rp 4.961.992.171,-. dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 4.671.677.225,- 


2. Perkembangan Tambahan Modal 2017-2021



Grafik diatas menggambarkan  tambahan modal tahun 2017 sebesar Rp. 15.000.000.000,- pada tahun 2018 sebesar Rp 7.000.000.000,- sedangkan tahun 2019 sampai dengan tahun 2021 tidak ada tambahan modal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur.


3. Deviden PT. Selaparang Finansial


PT. Selaparang Finansial dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sangat berdampak sangat signifikan terhadap perusahaan tetapi tetap bisa memberikan kontribusi PAD pada tahun buku 2021 sebesar Rp 3.597.444.324,-


Aspek Sosial

PT. Selaparang Finansial sebagai Lembaga Keuangan Non Bank yang melaksanakan kegiatan usaha pemberian modal kerja kepada PPU (Perusahaan Pasangan Usaha) juga melaksanakan beberapa kegiatan yang berkaitan langsung dengan kegiatan sosial perusahaan dan ibadah antara lain :

Kegiatan Sosial dan Ibadah 

1. Menciptakan suasana religius di lingkungan kerja/kantor sebelum melaksanakan pekerjaan/aktivitas secara rutin diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan membaca Al Qur’an oleh masing-masing pegawai yang dilakukan minimal selama 15 menit. 

Selain itu diadakan kegiatan Yasinan dan Doa Bersama setiap hari Jum’at pagi pada minggu pertama, kedua, dan keempat yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan semua pegawai serta mendekatkan diri dengan Allah SWT. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengubah perilaku hidup dan akhlak setiap pegawai.

2. Bantuan Sarana dan Prasarana Pendidikan pada Pondok Pesantren dan Taman Pendidikan Al Qur’an.

Pemberian bantuan untuk pembangunan asrama, tempat belajar para santri, yatim piatu dan kurang mampu, pembangunan masjid/rehabilitasi tempat ibadah sebagai upaya perusahaan untuk mendukung ketersediaan fasilitas para pelajar dan/atau santri selama proses pendidikan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

3. Pembinaan UMKM

PT. Selaparang Finansial bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Lombok Timur, Organisasi Wanita dan Tim Penggerak PKK dalam rangka membantu UMKM yang berada di wilayah Lombok Timur untuk memasarkan produknya melalui berbagai festival bazar UMKM yang bermuatan lokal dan berdaya saing global. Selain itu diadakan juga kegiatan pendidikan dan pengembangan industri UMKM.

4. Bantuan Hewan Qurban 

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H, PT. Selaparang Finansial telah menyampaikan bantuan hewan qurban. Perusahaan memberikan sapi Qurban untuk diserahkan ke Masjid Besar Jam’iyyatul Qudsiyyah di wilayah Pringgasela Kecamatan Pringgasela Lombok Timur. Selain itu  diberikan juga seekor sapi qurban untuk disalurkan ke masyarakat umum melalui Pendopo Bupati Lombok Timur. Manajemen perusahaan berkomitmen untuk melaksanakan program tersebut secara rutin setiap tahun sehingga dapat meningkatkan solidaritas antara Perusahaan dengan masyarakat sekitar perusahaan khususnya dan masyarakat Lombok Timur pada umumnya.

5. Bantuan dalam Bidang Sosial

PT. Selaparang Finansial bekerjasama dengan lembaga koordinasi kesejahteraan sosial memberikan santunan/bantuan kepada fakir miskin/kaum dhuafa berupa pemberian paket sembako. Dan memberikan bantuan dana pengobatan kepada salah satu masyarakat sekitar yang tertimpa musibah atau dalam kondisi sakit akibat kecelakaan kerja yang dialami.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan untuk menghasilkan suatu kegiatan yang maksimal sehingga dapat dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap warga masyarakat Lombok Timur.

Semua kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian serta aksi sosial perusahaan terhadap kondisi pada masyarakat, membantu meringankan beban Pemerintah Daerah selaku Pemegang Saham mayoritas di PT. Selaparang Finansial dan juga dapat menunjukkan perihal kehadiran PT. Selaparang Finansial di tengah masyarakat.

Aspek Lingkungan


PT. Selaparang Finansial berpartisipasi dalam berbagai upaya pelestarian lingkungan, antara lain dengan melakukan pembiayaan kepada kontraktor yang melaksanakan proyek yang berkaitan dengan lingkungan diantaranya:

  1. Penataan Kawasan Lombok Selatan (Ekas)
  2. Pembangunan Sarana Pemeliharaan Sementara Biota Langka 
  3. Pembangunan Sarana dan Prasarana Sampah di Pulau-pulau Kecil (Lombok Timur)
  4. Pembuatan Talud Saluran Irigasi Tersier dan Pemasangan Pipa Air Bersih di berbagai Desa yang ada di Kabupaten Lombok Timur.
  5. Pengadaan Mesin Sampan untuk para nelayan
  6. Lapen (Lapis Pengerasan) jalan usaha tani dan penataan Desa di berbagai Desa wilayah Kabupaten Lombok Timur.
  7. Penataan Lingkungan Situs Cagar Budaya Makam Beru Desa Wanasaba
  8. Pembangunan Sumur Bor di beberapa Desa
  9. Pengadaan  Kandang Close Hause Pemda Lotim

Penataan Kawasan Lombok Selatan (Ekas)
  1. Penataan Kawasan Lombok Selatan (Ekas)

2.     Proyek Pembangunan Sarana Pemeliharaan Sementara Biota Langka



3.     Pembangunan Sarana dan Prasarana Sampah


4.     Pembuatan Saluran Irigasi


5.     Pengadaan Mesin Sampan untuk Nelayan

6.     Pengadaan  Kandang Close Hause Pemda Lotim

7.   Proyek Pengerasan Jalan Usaha Tani dan Penataan Desa


1.      Profil Singkat PT. Selaparang Finansial

1.     Sejarah berdirinya PT. Selaparang Finansial

Pada saat krisis Moneter yang berlanjut dengan krisis ekonomi yang melanda bangsa dan Negara Indonesia, dimana dampak dari krisis tersebut juga dirasakan imbasnya oleh daerah- daerah termasuk daerah Kabupaten Lombok Timur, maka dalam upaya pemberdayaan kelembagaan ekonomi lokal khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Timur, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mendirikan lembaga pembiayaan alternatif Non Bank dan atau Non Koperasi yang diberi nama Klinik Usaha Bisnis (KUB) berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor : 27/2001 dan Keputusan Bupati Nomor: 29/2001. Dengan leding sektor bagian Penanaman Modal dan Lingkungan Hidup Setda Lombok Timur.

Untuk lebih mengoptimalkan fungsi dari Klinik Usaha Bisnis (KUB), maka statusnya ditingkatkan menjadi lembaga yang berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT) yang diberi nama PT. Selaparang Finansial berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Timur Nomor: 15 tahun 2006, tanggal 26 Juni 2006 dan Akta Pendirian dari Notaris Nomor: 21 tahun 2006 tanggal 30 September 2006. Selanjutnya Akta Pendirian PT. Selaparang Finansial mendapat pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor : W 24-00008 HT.01.01-TH.2007. Tanggal 26 Januari 2007. Selanjutnya mendapat ijin usaha atau operasional sebagai Lembaga Keuangan berdasarkan Surat keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: KEP-157/KM.10/2008 tanggal 8 Agustus 2008.

PT. Selaparang Finansial termasuk dalam bagian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Lombok Timur yang berbentuk Persero dan bergerak di bidang Modal Ventura, yang bertujuan ikut berperan serta membangun perekonomian Indonesia melalui penyediaan fasilitas pembiayaan modal yang disertai dengan aktifitas pendampingan kepada Debitur.

Visi PT. Selaparang Finansial adalah menjadi perusahaan modal ventura yang utama dalam menjalin kemitraan dengan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), membantu memperkuat dan mengembangkan pertumbuhan bisnis mereka melalui pembiayaan. Kehadiran PT. Selaparang Finansial bertujuan memberikan alternatif kepada masyarakat untuk mendapatkan sumber dana modal usaha yang lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan pengajuan pembiayaan dana modal usaha dari sektor perbankan serta membantu masyarakat yang wilayahnya belum terjangkau oleh lembaga pinjaman keuangan agar dapat menikmati pinjaman dana usaha. Melalui tujuan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan masyarakat.

PT. Selaparang Finansial berkontribusi dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di mana biasanya UMKM lebih kuat dalam menghadapi kesulitan yang timbul dari dampak ekonomi global. Oleh karena itu, PT. Selaparang Finansial ingin membantu UMKM untuk meningkatkan kapasitas usahanya melalui struktur pemodalan, edukasi, serta pendampingan dalam berwirausaha.

Visi Keuangan Berkelanjutan 

Menjadi lembaga pembiayaan terdepan dan terpercaya dengan memperhatikan keselarasan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.

Misi Keuangan Berkelanjutan

Melakukan kegiatan usaha keberlanjutan yang dapat menghasilkan pertumbuhan yang berkesinambungan dan terintegrasi  

1.     Identitas Perusahaan

Nama Perusahaan :   PT. Selaparang Finansial

Alamat :   Jalan Hos Cokroaminoto Labuhan Haji Kecamatan Labuhan Haji 

                 Kabupaten Lombok Timur NTB

Nomor Telepon :   0376 - 2925716

2.     Skala Usaha PT. Selaparang Finansial

a.     Permodalan dan Kepemilikan 

Modal dasar perseroan Rp 100.000.000.000,- ( Seratus milyar rupiah ) dengan penempatan modal sejumlah Rp 89.503.000.000,- ( Delapan puluh sembilan  milyar  lima  ratus tiga juta rupiah ) yang telah ditempatkan oleh Pemerintah Daerah Lombok Timur dan Dana Pensiun Karyawan Beeska NTB. 

Adapun komposisi kepemilikan modal dalam anggaran dasar adalah sebagai berikut : 


a.     Kepengurusan, Personalia dan Struktur Organisasi

 

Kepengurusan

 

Dewan Komisaris

Komisaris                                                        :  Drs. H. Muhsan Sumardani

 

Direksi

Direktur Utama                                   :  Iva Nuril Solihani, SE

Direktur Keuangan dan Kepatuhan    :  Sasri Hilmiyana, S.Pt

Direktur HRD dan Personalia             :  Hendri Yudha Sakti, SE

 

Satuan Pengendali Intern                :  Yoyon Suharyono, SH

Manajemen Risiko Dan APU-PPT :  Achmad Ifliyan Hidayat, S.AB

Kepala Divisi Keuangan                     :  Sofia Lestari Utami, S.Ak

Kepala Divisi Pemasaran                   :  Doddy Kusumayadi, S.Sos

Kepala Divisi Umum                          :  Sosi Alman Bayu Perdana, SE

 

Personalia

PT. Selaparang Finansial memiliki 27 karyawan/karyawati dengan status karyawan tetap dan karyawan tidak tetap, adapun rincian jumlah karyawan tersebut berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut :


Komisaris dan Direksi PT. Selaparang Finansial

Komisaris dan Direksi PT. Selaparang Finansial

Direksi dan Kepala Divisi PT. Selaparang Finansial

Direksi dan Kepala Divisi PT. Selaparang Finansial

a.  Wilayah Operasional

PT. Selaparang Finansial memiliki wilayah operasional khususnya bagi pelaku ekonomi yang berdomisili dan melakukan kegiatan usaha di seluruh wilayah Lombok Timur dan umumnya bagi pelaku ekonomi di pulau Lombok yang terdiri dari wilayah Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara.


1.     Produk dan Kegiatan Usaha PT. Selaparang Finansial

1.     Mikro Selaparang

Mikro Selaparang merupakan produk PT. Selaparang Finansial yang akan direalisasikan kepada pelaku bisnis yaitu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

2.     Pembiayaan Selfin

Pembiayaan Selfin merupakan produk kedua dari jenis pembiayaan yang akan dipasarkan oleh PT. Selaparang Finansial. Bentuk usaha dari produk pembiayaan selfin ini bisa dalam bentuk usaha perorangan maupun badan usaha dalam bentuk CV, Firma, PT dan Koperasi.

3.     Pembiayaan Kontraktor 

Pembiayaan Kontraktor merupakan produk yang membiayai usaha Konstruksi dan pengadaan pada proyek-proyek sehingga membantu kontraktor dalam mempercepat pelaksanaan pekerjaanya


1.     Keanggotaan pada Asosiasi


PT. Selaparang Finansial tergabung sebagai anggota Asosiasi Modal Ventura dan  Sturt-Up Indonesia (AMVESINDO). 


1.     Penjelasan Direksi

Pemegang Saham dan para Pemangku Kepentingan yang terhormat

Dengan mengucap rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, melalui kesempatan ini, kami kembali menyampaikan Laporan Keberlanjutan. Perusahaan berupaya memberikan layanan keuangan terbaik kepada masyarakat serta bertekad untuk mendukung upaya pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi untuk mengatasi masalah akibat Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia. Laporan Keberlanjutan ini merupakan gambaran tentang upaya strategis yang dilakukan oleh Perusahaan pada tahun 2021 dan sesuai dengan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan yang telah disusun untuk tahun buku 2021.

Laporan Keberlanjutan Tahun 2021 merupakan wujud pertanggungjawaban Direksi yang disusun dengan tujuan untuk menginformasikan mengenai kondisi keuangan Perusahaan selama satu periode yaitu Tahun 2021, sehingga memudahkan dalam melakukan penilaian kinerja Perusahaan dapat berjalan dengan baik atau tidak, serta dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan bagi Pemegang Saham dan dapat dijadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki kinerja Perusahaan pada periode berikutnya.

 

Nilai Keberlanjutan PT. Selaparang Finansial

Sebagai Perusahaan yang mayoritas sahamnya adalah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur maka Perusahaan akan tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa kegiatan usaha dan pelayanan kepada masyarakat harus diutamakan dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik, sehingga dapat berperan aktif dan terus mendukung kebijakan dan program-program pemerintah untuk pembangunan berkelanjutan.

Tindak Lanjut Perusahaan terhadap Isu Terkait Penerapan Keuangan Berkelanjutan

 

PT. Selaparang Finansial mewujudkan nilai keberlanjutan dengan menyalurkan pembiayaan untuk kegiatan-kegiatan pembangunan yang mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Adapun pembiayaan tersebut diberikan kepada kontraktor yang melakukan kegiatan/proyek pembangunan yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. 

Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen Perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan. Melalui CSR diharapkan dapat mampu membantu menciptakan keseimbangan antara perusahaan, masyarakat dan lingkungan sehingga dapat mengatasi masalah sosial dan lingkungan. 

Dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi, Perusahaan memahami dan mengerti kondisi yang sedang dialami oleh debitur dan berupaya untuk memberikan solusi terbaik agar kegiatan usaha debitur dapat berjalan sehingga mencegah meluasnya dampak ekonomi dan sosial. Perusahaan juga melakukan restrukturisasi dan penjadwalan ulang bagi debitur yang kegiatan usahanya terdampak langsung Covid-19, dengan demikian diharapkan debitur khususnya dan masyarakat pada umumnya dapat menghadapi krisis ini dan membantu upaya pemulihan ekonomi dan aktivitas bisnis mereka.

Komitmen Manajemen Dalam Pencapaian Penerapan Keuangan Berkelanjutan

 

Direksi dan seluruh pegawai  tetap berkomitmen untuk melaksanakan penerapan keuangan berkelanjutan dengan merealisasikan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) dan Rencana Bisnis Tahunan yang telah disepakati bersama.

Pencapaian Kinerja Penerapan Keuangan Berkelanjutan

PT. Selaparang Finansial sebagai Lembaga Keuangan Non Bank yang melaksanakan kegiatan usaha pemberian modal kerja kepada PPU (Perusahaan Pasangan Usaha) juga melaksanakan beberapa kegiatan yang berkaitan langsung dengan kegiatan sosial perusahaan dan ibadah antara lain: 


1. Menciptakan suasana religius di lingkungan kerja/kantor

Sebelum melaksanakan pekerjaan/aktivitas secara rutin diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan membaca Al Qur’an oleh masing-masing pegawai yang dilakukan minimal selama 15 menit. Selain itu diadakan kegiatan Yasinan dan Doa Bersama setiap hari Jum’at pagi pada minggu pertama, kedua, dan keempat yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan semua pegawai serta mendekatkan diri dengan Allah SWT. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengubah perilaku hidup dan akhlak setiap pegawai.

2. Bantuan Sarana dan Prasarana Pendidikan pada Pondok Pesantren dan Taman Pendidikan Al Qur’an.

Pemberian bantuan untuk pembangunan asrama, tempat belajar para santri, yatim piatu dan kurang mampu, pembangunan masjid/rehabilitasi tempat ibadah sebagai upaya perusahaan untuk mendukung ketersediaan fasilitas para pelajar dan/atau santri selama proses pendidikan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

3.     Pembinaan UMKM

PT. Selaparang Finansial bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Lombok Timur, Organisasi Wanita dan Tim Penggerak PKK dalam rangka membantu UMKM yang berada di wilayah Lombok Timur untuk memasarkan produknya melalui berbagai festival bazar UMKM yang bermuatan lokal dan berdaya saing global. Selain itu diadakan juga kegiatan pendidikan dan pengembangan industri UMKM.

4.     Bantuan Hewan Qurban 

Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1442 H, PT. Selaparang Finansial telah menyampaikan bantuan hewan qurban. Perusahaan memberikan sapi Qurban yang diserahkan ke Masjid dan melalui Pendopo Bupati Lombok Timur untuk disalurkan ke masyarakat umum. Manajemen perusahaan berkomitmen untuk melaksanakan program tersebut secara rutin setiap tahun sehingga dapat meningkatkan solidaritas antara Perusahaan dengan masyarakat sekitar perusahaan khususnya dan masyarakat Lombok Timur pada umumnya.

5.     Bantuan dalam Bidang Sosial

PT. Selaparang Finansial bekerjasama dengan lembaga koordinasi kesejahteraan sosial memberikan santunan/bantuan kepada fakir miskin/kaum dhuafa berupa pemberian paket sembako. Dan memberikan bantuan dana pengobatan kepada salah satu masyarakat sekitar yang tertimpa musibah atau dalam kondisi sakit akibat kecelakaan kerja yang dialami.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan untuk menghasilkan suatu kegiatan yang maksimal sehingga dapat dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap warga masyarakat Lombok Timur.

Semua kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian serta aksi sosial perusahaan terhadap kondisi masyarakat, membantu meringankan beban Pemerintah Daerah selaku Pemegang Saham mayoritas di PT. Selaparang Finansial dan juga dapat menunjukkan perihal kehadiran PT. Selaparang Finansial di tengah masyarakat.


Tantangan Pencapaian Kinerja Penerapan Keuangan Berkelanjutan


Tahun 2021 merupakan tahun kedua PT. Selaparang Finansial menerapkan keuangan berkelanjutan. Terdapat beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi tahun 2021 antara lain :

Kebijakan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 telah membatasi interaksi fisik antar masyarakat, sehingga berbagai aktivitas ekonomi secara informal menjadi terpukul dan penurunan tingkat pendapatan masyarakat.

-Beberapa perusahaan pasangan usaha terutama bidang pariwisata, rent car dan UMKM menutup usaha dan mengalami kebangkrutan karena berkurangnya daya beli hingga hambatan produksi yang menyebabkan kesulitan dalam penyelesaian kredit/tunggakan pembiayaan sehingga menimbulkan masalah yang beragam terhadap kredit non lancar.

- Lonjakan kasus Covid-19 menyebabkan beberapa nasabah dan karyawan terkena Covid-19 sehingga perusahaan mengharuskan karyawan yang terdampak untuk bekerja dari rumah (Work From Home) dan melakukan isolasi, hal ini dapat mengurangi produktivitas kerja yang otomatis berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

- Menurunnya permintaan kredit akibat adanya keraguan masyarakat dan pelaku usaha untuk mengambil pembiayaan

 2.       Tata Kelola Keberlanjutan

Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) PT. Selaparang Finansial tahun 2021 disusun sesuai dengan POJK Nomor 36/POJK.05/2015 tentang Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Bagi Perusahaan Modal Ventura dan SEOJK Nomor 4/SEOJK.05/2018 tentang Laporan Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik bagi Perusahaan Modal Ventura.

a.     Tugas dan Tanggung Jawab Direksi dan Dewan Komisaris

Tugas dan Tanggung Jawab Dewan Komisaris

Tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris yaitu melakukan pengawasan terhadap kebijakan Direksi dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan, mengevaluasi dan menyetujui Program Kerja dan Anggaran Tahunan, menyetujui kebijakan manajemen risiko, penyempurnaan pedoman penerapan APU dan PPT, Piagam Audit serta memberikan pertimbangan terhadap usulan Direksi yang berkaitan dengan transaksi dan berbagai kegiatan usaha yang dianggap kurang efektif. 

Dewan Komisaris juga melakukan upaya pembinaan dan pengembangan agar kegiatan operasional tetap berjalan sesuai dengan Rencana Kerja dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan tata kelola perusahaan yang baik. Komisaris juga rutin mengadakan rapat koordinasi jika ada hal-hal yang harus segera diselesaikan.

Tugas dan Tanggung Jawab Direksi

Tugas dan tanggung jawab Direksi telah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Perusahaan dan Job Description pada PT. Selaparang Finansial.  

b.    Pengembangan Kompetensi Keuangan Berkelanjutan

Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang prinsip dan penerapan pengelolaan lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik menjadi prioritas dalam penerapan keuangan berkelanjutan. Pentingnya kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia bagi perusahaan. PT. Selaparang Finansial akan lebih memaksimalkan pelaksanaan kompetensi khusunya tentang keuangan berkelanjutan pada tahun 2022.

 

c.     Manajemen Risiko atas Penerapan Keuangan Berkelanjutan

1.     Pengawasan aktif  Dewan Komisaris dan Direksi

Dewan Komisaris dan Direksi bertanggung jawab terhadap efektifitas penerapan manajemen risiko, dengan memberikan arahan yang sesuai dengan POJK dan Undang-Undang yang berlaku, melakukan pengawasan dan mitigasi secara aktif, menetapkan tugas dan tanggung jawab pada masing-masing Divisi.

Dewan Komisaris, tetap harus melakukan evaluasi pertanggungjawaban Direksi dan memberikan saran dan arahan terhadap perbaikan atas pelaksanaan kebijakan manajemen risiko. Evaluasi dilakukan untuk memastikan bahwa Direksi mengelola aktivitas dan risiko-risiko secara efektif.

Direksi menerapkan manajemen risiko dengan menyusun kebijakan dan strategi manajemen risiko secara tertulis, bertanggung jawab atas pelaksanaan kebijakan manajemen risiko secara keseluruhan, mengevaluasi dan memutuskan transaksi yang memerlukan persetujuan Direksi. Menyusun strategi dan kerangka manajemen risiko, dengan harus memastikan kecukupan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia yang dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya. Kepala Divisi dan staf yang ditempatkan pada masing-masing bagian harus dapat memahami risiko yang mungkin terjadi, faktor penyebab risiko, kondisi ekonomi yang dapat mempengaruhi, tingkat risiko (risk appetite), toleransi risiko (risk tolerance) dan strategi penyelesaian risiko.

2.     Kecukupan Kebijakan, Prosedur, dan Penetapan Limit Risiko

PT. Selaparang Finansial memiliki prosedur dan proses untuk menerapkan kebijakan manajemen risiko. Kebijakan dan prosedur manajemen risiko tersebut dituangkan dalam pedoman pelaksanaan yang dikinikan secara berkala untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi. Dalam menetapkan kerangka manajemen risiko termasuk kebijakan, prosedur dan limit, perusahaan memperhatikan tingkat risiko yang akan diambil dan toleransi risiko, strategi dan kemampuan perusahaan dalam mengambil risiko.

PT. Selaparang Finansial mempunyai batasan (limit) untuk menjaga agar eksposur risiko kredit sesuai dengan risk appetite (tingkat risiko) perusahaan. Limit tersebut meliputi limit untuk kewenangan pengambilan keputusan kredit yang disesuaikan dengan kompetensi pengambil keputusan dan tingkat risikonya serta mempertimbangkan agar tidak ada conflict of interest (komplik kepentingan) dalam proses kredit yang diberikan kepada nasabah, penetapan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) yang dilaksanakan sesuai dengan peraturan pada perusahaan.

 

d.    Penjelasan Mengenai Pemangku Kepentingan

PT. Selaparang Finansial senantiasa berusaha untuk membangun hubungan yang harmonis dengan pemangku kepentingan yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan kebutuhan Perusahaan. Adapun pemangku kepentingan yang menjadi prioritas dan terlibat langsung antara lain Pemerintah Daerah/Pemegang Saham, Nasabah, Masyarakat, dan Pemerintah (OJK dan Lembaga Terkait) dan Karyawan.

Identifikasi Kebutuhan dan Pendekatan Pemangku Kepentingan





Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2021 (Pemerintah/Pemegang Saham sebagai Pemangku Kepentingan)

Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2021 (Pemerintah/Pemegang Saham sebagai Pemangku Kepentingan)



Kegiatan Yasinan Rutin (Karyawan sebagai Pemangku Kepentingan)

Kegiatan Yasinan Rutin (Karyawan sebagai Pemangku Kepentingan)



Stadium General Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Daerah bersama semua OPD, Kepala Desa, Camat, BUMD dan 

Masyarakat ( Masyarakat/Pelaku ekonomi sabagai Pemangku Kepentingan)


Survey Nasabah (Nasabah sebagai Pemangku Kepentiangan)

Survey Nasabah (Nasabah sebagai Pemangku Kepentiangan)

a.  Permasalahan yang Dihadapi, Perkembangan, dan Pengaruh terhadap Penerapan Keuangan Berkelanjutan

 

Tahun 2021 merupakan tahun kedua PT. Selaparang Finansial menerapkan keuangan berkelanjutan. Sejauh ini Perusahaan belum menemukan permasalahan yang berpengaruh signifikan terhadap kegiatan usaha selain dengan adangan pandemi Covid 19 yang mengharuskan Pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan untuk pembatasan sosial berskala besar dalam rangka mencegah dan menanggulangi penularan penyakit yang dapat mempengaruhi aktivitas operasional Perusahaan, termasuk pelaksanaan Rencana Bisnis dan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) pada periode tahun 2021. Perusahaan telah berusaha semaksimal mungkin untuk merealisasikan program yang sudah disusun namun belum dapat terlaksana sepenuhnya.

 

5. Kinerja Keberlanjutan


Kinerja Ekonomi


Pandemi Covid-19 berdampak sangat signifikan di tahun 2021 ini. Pada Tahun Buku 2021 laba bersih perusahaan sebesar Rp 4.961.992.171,- jika dibandingkan dengan tahun 2020 sebesar Rp Rp 4.671.677.225,- mengalami peningkatan sebesar 6,21 persen atau setara dengan Rp. 290.314.945,-.


Kinerja Sosial

Komitmen Perusahaan

PT. Selaparang Finansial mempunyai komitmen untuk dapat memberikan pelayanan terbaik atas semua produk pembiayaan kepada nasabah dan masyarakat.

Ketenagakerjaan

Karyawan merupakan aset terpenting Perusahaan, sehingga Perusahaan harus tetap berupaya untuk menjamin kesejahteraan seluruh karyawan dan memberikan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi demi kesuksesan karyawan dan Perusahaan. Proses rekrutmen dan seleksi karyawan dilakukan secara transparan, objektif, independen, dan tidak membedakan status sosial dan ekonomi, semua proses dilakukan secara transparan, objektif sesuai dengan kemampuan, pengalaman, pengetahuan dan sikap mau bekerja kerja dan dapat bekerja sama dengan baik dalam team.

Remunerasi Karyawan

Sebagai bentuk penghargaan atas kinerja dan prestasi kerja karyawan, Perusahaan memberikan remunerasi sesuai dengan kebijakan perusahaan. Perusahaan memberikan upah minimum sesuai dengan batas UMK yang sudah di tentukan oleh Pemerintah. Selain memberikan upah yang sesuai, Perusahaan juga memberikan bonus kinerja kepada karyawan berdasarkan pencapaian target yang dihasilkan. Karyawan yang melakukan kerja di luar jam kerja akan diberikan upah lembur.

Lingkungan Kerja yang Layak dan Aman

Suasana dan lingkungan kerja yang nyaman merupakan harapan semua karyawan sehingga dapat mendukung kegiatan/aktivitas kerja dan meningkatkan produktivitas karyawan. PT. Selaparang Finansial dapat memberikan kelayakan dan keamanan lingkungan kerja karena kondisi gedung dan suasana kerja yang bersih, rapi dan nyaman. Kebersihan kantor yang selalu dijaga dan dilengkapi dengan fasilitas ruangan yang ber AC dan sesuai dengan standar pencahayaan sehingga suhu ruangan kerja nyaman dan sesuai dengan standar kesehatan, dilengkapi juga dengan kursi tunggu dan kursi meja kerja yang bersih dan rapi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor