MTQ XXIX Bukan Sekedar Lomba, Melainkan Upaya Konkrit Untuk Menggali Nilai-nilai Al Qur'an

MTQ XXIX Bukan Sekedar Lomba, Melainkan Upaya Konkrit Untuk Menggali Nilai-nilai Al Qur'an

Lombok Timur - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lombok Timur 100% siap menggelar Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ) ke XXIX tingkat Provinsi, hal ini didasari dengan tingginya animo masyarakat.

Terlebih dua tahun terakhir, di Lombok Timur (Lotim), event yang menghadirkan orang banyak dalam 2 (dua) tahun terakhir tidak pernah dilakukan. 

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Lombok Timur, H. M. Juaini Taofik saat jumpa pers dengan awak media Lotim. 

Dijelaskan Taofik, mengapa Lotim menahbiskan diri menjadi tuan rumah tahun ini, padahal tahun 2022 merupakan giliran Kabupaten Dompu, karena Lotim memiliki jumlah Masjid terbanyak serta Pondok Pesantren terbanyak disamping menjadi daerah yang mengedepankan makna teologis sehingga disetujui untuk menggelar MTQ kesekian kalinya. 

"Mengapa Lotim, karena memang disamping memiliki masyarakat terbanyak, jumlah Masjid juga tak kalah banyaknya," jelasnya.

Lanjut Taofik, sebagai tuan rumah, kontingen Lombok Timur ditargetkan sukses dalam dua hal, yakni sukses di penyelenggaraan dan sukses khafilahnya, terlebih dukungan serta doa masyarakat disinyalir mampu meningkatkan semangat khafilah Lotim. 

"Semoga kita sukses dalam dua hal, sukses penyelenggaraan dan sukses khafilahnya," paparnya.

Masih kata Taofik, hasil rapat terakhir sudah disinkronisasikan baik teknis maupun non teknis karenanya rangkaian pelaksanaan MTQ XXIX adalah: 

1. Tanggal 29 juni khafilah mulai berdatangan, kemudian melakukan pendaftaran ulang di Pendopo Bupati.

2. Malamnya Bupati menggelar malam taaruf, sekaligus ramah tamah dengan para kafilah. 

3. Kamis siang akan diadakan pawai taaruf yang diikuti 850 kontingen, start pukul 14:00 Wita dimulai di Terminal Pancor, diikuti juga oleh satauan pendidikan, dengan begitu peserta pawai berjumlah 2.500.

4. Opening Ceremony dilaksanakan di Lapangan Gotong Royong Masbagik. 

Lebih jauh Dijelaskan Taofik, dirinya meminta keterlibatan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan, serta meminta media untuk bagaimana mengawal keberlangsungan kegiatan tersebut. 

"Kami minta masyarakat berpartisipasi betul dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan berlangsung," pungkasnya.

Keseriusan Pemda Lotim dalam membumikan serta mensukseskan MTQ tersebut juga dengan menghimbau kepada semua OPD kntuk menghentikan sementara kegiatan yang sifatnya terjun ke lapangan.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor