DAK Pertanian Lotim Tahun 2023 Meningkat

DAK Pertanian Lotim Tahun 2023 Meningkat
Kabid PSP Dinas Pertanian Lombok Timur, L. Fathul Kasturi

Lombok Timur - Tahun 2023 menjadi tahun yang dinantikan petani Kabupaten Lombok Timur, pasalnya tahun tersebut, Dinas Pertanian Lombok Timur (Lotim) menjadi satu-satunya Kabupaten di Pulau Lombok yang akan dialokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Demikian disampaikan Kepala Bidang Prasarana Sarana Pertanian (Kabid PSP), Dinas Pertanian Lombok Timur, L. Fathul Kasturi. 

"Lotim satu-satunya Kabupaten yang mendapatkan alokasi DAK 2023 mendatang," jelasnya Senin (18/07/2022). 

Setiap tahunnya, lanjut Kasturi, DAK pertanian Lotim selalu mengalami peningkatan, hal tersebut disinyalir merupakan reward and punishment dari Kementerian untuk Dinas Pertanian sebagai pengelola DAK terbaik tahun 2021.

"Tentunya ini merupakan buah dari kinerja tahun sebelumnya," cetusnya.

Masih kata Kasturi, penambahan DAK pertanian tahun 2023 juga memiliki relevansi dengan kegiatan Lahan Pangan Pertanian Berkelanjutan (LP2B) yang beberapa bulan terakhir selalu disampaikan agar, guna memastikan lahan produktif tetap terjaga ditengah peningkatan populasi manusia. 

"LP2B adalah salah satu indikator penambahan DAK 2023, kendati Kabupaten lain juga menerapkan hal tersebut," ujarnya.

Lebih jauh Kasturi juga menyampaikan progres program Upland, yang dimana alokasi anggaran vtahun 2022 dengan tahun 2022 pagunya sama yakni Rp. 26 Miliar, inilah kemudian yang dirancang untuk disesuaikan dengan keuangan Daerah, mengingat program tersebut terlebih dahulu menggunakan uang Daerah kemudian diganti. 

"Jadi Kementerian juga terus memantau progres dari program Upland untuk peningkatan kapasitas pertanian Lombok Timur," pungkasnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor