Kerjasama Dengan Dinas Pertanian Loteng, Kelompok KKN Tematik Unram Desa Bangket Perak Sediakan 150 Ribu Benih Lamtoro

Kerjasama Dengan Dinas Pertanian Loteng, Kelompok KKN Tematik Unram Desa Bangket Perak Sediakan 150 Ribu Benih Lamtoro

Lombok Tengah - Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah bekerjasama dengan Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) 2022 dalam menyediakan 150.000 benih lamtoro untuk masyarakat melalui penyemaian permanen pada tanggal 3 Juli 2022. 

Dalam kegiatan persemaian ini mahasiswa KKN juga ikut menyumbang sebanyak 28.000 benih yang disemai bersamaan pada salah satu lahan di Dusun Tarung Arung, Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. 

Tujuan penyemaian ini adalah untuk mendukung program Desa 1000 Sapi yang ada di Desa Bangket Parak. 

Oleh sebab itu, Dinas Pertanian berupaya untuk menyongkong kebutuhan pakan hewan ternak dengan kegiatan penyemaian ini. 

Disamping sebagai penyediaan pakan ternak, tanaman lamtoro juga dapat berfungsi untuk menahan erosi dan sekaligus mendukung reboisasi. 

Tanaman ini dikenal menjadi pakan ternak yang cukup bagus untuk tumbuh kembang ternak, termasuk meningkatkan kualitas dagingnya. 

Selain mudah ditanam dan tumbuh, tanaman lamtoro juga dapat dipanen untuk penghijauan pakan ternak secara rutin.

Di Desa Bangket Parak mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai petani dan juga peternak.

Khususnya di desa bagian selatan dengan jumlah 7 dusun mayoritas masyarakat adalah peternak. 

Desa ini juga memiliki program Desa 1000 Sapi yang kandangnya terletak di Dusun Sangi. 

Setiap hari para peternak menggunakan rumput liar yang didapat dari ladang untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak mereka. 

Oleh sebab itu, Dinas Perternakan Kabupaten Lombok Tengah mengadakan program penyemaian benih lamtoro untuk memenuhi kebutuhan pangan hewan ternak yang berkualitas.

Hasanudin, Penyuluh Pertanian Madya pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, mengungkapkan bahwa budidaya lamtoro ini merupakan upaya Dinas Pertanian untuk mendukung program Desa 1000 Sapi dengan menyongkong kebutuhan pangan hewan ternak mereka melalui kegiatan penyemaian ini.

Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terpenuhinya kebutuhan pangan hewan ternak sehingga para peternak di Desa Bangket Parak dapat dengan mudah mencari sumber pakan ternak dengan budidaya lamtoro seperti ini.

Kelompok Mahasiswa KKN Desa Bangket Parak juga turut membantu dalam proses persiapan benih lamtoro yang dilakukan di salah satu rumah warga. 

Dalam proses persiapan hal pertama yang harus dilakukan merendam benih lamtoro dengan menggunakan air bersih dan hangat selama 6 jam. S

etelah selesai direndam benih lamtoro dibilas menggunakan air bersih lalu ditiriskan. Proses penyemaian lamtoro dilakukan dengan meratakan media tanamnya. 

Selanjutnya tanah yang telah dicampur dengan kotoran sapi diletakkan di atas tanah yang menjadi media tanam. Kemudian benih lamtoro disemai di atas media tanam yang sudah siap tersebut.

“Terimakasih kepada seluruh mahasiswa KKN yang turut berpartisipasi dalam kegiatan penyemaian 150.000 benih lamtoro ini dan juga turut menyumbang benih sebanyak 28.000, semoga berkah untuk kita semua,” ujar Ir. Hasanudin, Minggu (3/7/2022)

“Alhamdulillah Dinas Perternakan dan Kelompok Mahasiswa KKN telah mendukung program 1000 sapi di desa kami dengan melakukan penyemaian benih tanaman lamtoro untuk pakan ternak. Semoga proses kedepannya lancer dan dapat tumbuh semua. Saya juga sangat mengapresiasi semangat para mahasiswa yang aktif dalam segala kegiatan social dan masyarakat,” ujar Bapak Senun, Kepala Dusun Tarung Arung, Minggu (3/7/2022)

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor