Bupati Tegaskan Fungsi Masjid Untuk Zikir Terkait Dengan Fungsi Ibadah

Bupati Tegaskan Fungsi Masjid Untuk Zikir Terkait Dengan Fungsi Ibadah

Lombok Timur - Masjid memiliki fungsi zikir, pikir, dan sosial. Ketiga fungsi tersebut diharapkan  Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dapat dioptimalkan di Masjid Darul Azkia yang dibangun di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cedekia (MAN IC) Lombok Timur.

Bupati, sebelum melakukan peletakan batu pertama Masjid Darul Azkia MAN IC tersebut menjelaskan fungsi masjid untuk zikir terkait dengan fungsi ibadah. Bupati menceritakan bahwa Rasulullah setiap kali menyinggahi atau bermukim di sebuah daerah atau kota yang paling pertama dibangun adalah Masjid. Hal tersbut, jelas Bupati menggambarkan posisi masjid dalam Islam yang penting. Bahkan, Rasulullah disebut selalu melaksanakan indah shalat di masjid., termasuk ketika berada di Makkah dan dizolimi.

Karena itu Bupati mengapresiasi semangat masyarakat Lombok Timur membangun masjid. Akan tetapi disayangkannya masjid yang sudah dibangun hanya terisi penuh pada momen tertentu seperti Idul Fitri, Idul Adha dan hari besar semata.

Fungsi berikutnya adalah fungsi pikir. Dijelaskan Bupati fungsi ini dapat dilihat dari posisi masjid sebagai tempat untuk mengembangkan pengetahuan, kajian-kajian, termasuk pengembangan sumber daya manusia.

Fungsi terakhir, yaitu fungsi sosial, di mana kegiatan sosial kemasyarakatan dapat dilakukan di masjid. Walaupun diakui Bupati saat ini ada ruang-ruang khusus untuk setiap kegiatan sehingga fungsi sosial masjid berkurang.

Namun demikian, Bupati berharap Masjid Darul Azkia MAN IC dapat difungsikan secara optimal, mulai dari fungsi zikir, pikir, maupun sosialnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, H. Sirojudin menyampaikan sekilas sejarah pembangunan MAN IC. Dijelaskannya bahwa lahan pembangunan MAN IC merupakan lahan Pemda Lombok Timur yang dihibahkan pada masa Pemerintahan Bupati Sukiman. Karena itu peletakan batu pertama ini tepat jika Bupati yang melaksanakannya.

Peletakan batu pertama masjid Darul Azkia MAN IC berlangsung Selasa (16/8) dihadiri pula ketua komite MAN IC.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor