Harhubnas 2022, Bupati Soroti Jalan Provinsi Di Lombok Timur

Harhubnas 2022, Bupati Soroti Jalan Provinsi Di Lombok Timur

Lombok Timur - Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) sudah selayaknya dimaknai sebagai hari yang membangun keterhubungan. Keterhubungan tersebut dapat dilihat pula sebagai silaturahmi, koordinasi, dan sinergi dari seluruh pihak yang terlibat sehingga dapat mendatangkan manfaat lebih besar. Hal tersebut disampaikan Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy pada puncak peringatan Hari Perhubungan Nasional tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berlangsung Sabtu (17/9) di Pelabuhan Kayangan.

Bupati juga menyoroti kondisi jalan, utamanya yang berstatus jalan provinsi di Lombok Timur. Diharapkannya, sebagai bagian dari pelayanan, kondisi jalan yang kerap dikeluhkan masyarakat tersebut dapat menjadi perhatian pemerintah provinsi demi keamanan, kenyamanan, serta keselamatan masyarakat. Bupati menegaskan bahwa langkah atau upaya yang dilakukan semata untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat.

Karena itu pula, menjadi harapan Bupati, agar sarana dan prasaranan perhubungan yang ada di Lombok Timur dapat memberikan daya ungkit terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. kaitannya dengan itu, ia mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi NTB. Inovasi dimaksud diantaranya adalah kekerja sama anatara PT ASDP dan perusahaan penyedia layanan penyeberangan serta Dekranasda yang mengakomodasi produk-produk UMKM Lombok Timur untuk ditampilkan dan disediakan di cafeteria kapal.

Kerja sama itu dinilai selaras dengan tema Harhubnas tahun 2022, yaitu Bangkit Maju Bersama. Bentuk kerja sama serupa diharapkan dapat pula diterapkan untuk kegiatan-kegiatan lainnya, termasuk pembangunan infrastruktur perhubungan yang dapat meningkatkan akses dan keterhubungan di Provinsi NTB. Ia menegaskan komitmen Pemda Kabupaten Lombok Timur mendukung terobosan dan inovasi untuk kelancaran sektor perhubungan.

Sementara itu Gubernur NTB yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi NTB  melihat dari aspek kesuksesan transportasi sebagai bagian dari perhubungan. Senada Bupati, Ia mengajak seluruh pihak untuk bersama membenahi berbagai permasalahan yang ada. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Muhammad Faozal menyampaikan bahwa peringatan Harhubnas tahun 2022 dibuat berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini pihaknya berupaya melakukan kegiatan bersama seluruh mitra perhubungan demi menyelesaikan berbagai persoalan yang dnilai menjadi hambatan dalam keamanan, kenyamanan dan keselamatan transportasi. Tidak saja melalui kegiatan yang terkait langsung dengan aspek perhubungan, melainkan pula melalui bakto sosial, hingga vaksinasi.

Faozal juga sempat menyinggung keberadaan Pelabuhan Kayangan sebagai salah satu pelabuhan yang sehat. Karena itu pula Pemerintah bersama ASDP akan melakukan penataan secara keseluruhan pelabuhan ini, juga memastikan pemberlakukan standar CHSE (Cleanliness=kebersihan, Health=kesehatan, Safety=keamanan, dan Environment Sustainability=kelestarian lingkungan) di semua kapal yang melayani penyeberangan Kayangan-Poto Tano.

Pada kegiatan yang dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB, jajaran OPD Provinsi NTB, ASDP, Forkopimda Lombok Timur, Ketua Dekranasda Lombok Timur, kepala Desa Labuhan Lombok, dan seluruh mitra perhubungan tersebut dilakukan pula penandatanganan prasasti operasional PT DAK dan pencanangan penataan pelabuhan kayangan, penyerahan Charging Box,  hingga penyerahan bantuan sembako bagi masyarakat sekitar.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor