Ikuti Pengajian Rutin, Bupati dan Pimpinan OPD Diingatkan Untuk Melaksanakan Perintah Allah

Ikuti Pengajian Rutin, Bupati dan Pimpinan OPD Diingatkan Untuk Melaksanakan Perintah Allah

Lombok Timur - Bupati Kabupaten Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy bersama pimpinan OPD, bersama karyawan dan karyawati lingkup kantor Bupati Lombok Timur mengikuti pengajian rutin pada Jum'at (2/9). 

Pengajian pekan pertama September yang berlangsung di masjid Kantor Bupati itu disampaikan oleh Tuan Guru H. Hudatullah Muhibuddin Abdul Aziz, MA.

Tuan Guru Hudatullah mengingatkan bahwa apapun yang diperintahkan Allah SWT wajib dilaksanakan. Termasuk menuntut Ilmu yang disebutnya sebagai kewajiban bagi muslim dan muslimah. Tuan guru mengutip sebuah hadis yang berbunyi, “Tuntutlah ilmu itu dari buaian hingga ke liang lahat”. 

Maknanya menuntut ilmu itu terus-menerus dan tiada henti, utamanya ilmu agama. Disebut Tuan guru, apapun kedudukan manusia entah sebagai pejabat maupun orang biasa, ilmu agama wajib dipelajari, utamanya ilmu untuk ibadah yang kita lakukan setiap hari. Tuan guru mencontohkan Ilmu shalat yang harus dipahami perangkatnya, seperti syarat dan rukunnya.

Belajar ilmu agama, jelas Tuan Guru, ada yang fardu ain ada pula yang fardu kifayah. Shalat, disebutnya sebagai contoh ilmu yang wajib dipelajari semua muslim. Sementara puasa, zakat, haji dan umrah tidak wajib bagi semua, melainkan bagi orang-orang tertentu saja, yang melaksanakannya. Bagi yang tidak melaksanakan, mempelajari ilmu untuk aktivitas tersebut terhitung fardu kifayah.

Ilmu agama tidak ada habisnya, terang Tuan Guru, karena itu mempelajarinya tidak terbatas waktu. Berbeda dengan ilmu dunia yang cukup dipelajari pada kurun tertentu saja.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Sponsor